-->

Featured Post

Cara Mudah Memasang Iklan di Google Adwords

Partneriklan.com - Memasang Iklan di Google Adwords - Semakin berkembangnya zaman membuat teknologi bisa dimanfaatkan untuk memudahkan...

Seni Visual vs. Desain Grafis: Ini 4 Perbedaannya dalam Dunia Kreatif

- 14.45.00
advertise here
advertise here

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia teknologi akan terus berkembang pesat dan peran kreativitas dalam bidang perdesainan menjadi semakin krusial, terutama untuk digital marketing agency


Istilah yang sering didengar ketika membahas tentang kreativitas dan desain adalah graphic design dan creative design. Kedua istilah tersebut sering diduga mempunyai makna yang serupa.


Hal ini dikarenakan profesi keduanya sama-sama memiliki tugas membuat karya visual seperti desain. 


Namun apakah sebetulnya kedua hal tersebut sama? Atau terdapat perbedaan? Jika dikatakan berbeda dimanakah letak perbedaannya? 


Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam artikel ini akan dijelaskan apa saja perbedaan utama antara creative design dan graphic design. 


Jadi, yuk simak sampai akhir!

Perbedaan antara Creative Design dan Graphic Design

  1. Proses Pembagian Ide Kreatif

Jika dilihat berdasarkan namanya, creative design dinilai lebih melibatkan proses kreatif dengan lebih luas dan inovatif. 


Karena seorang creative design diharapkan mampu dan bisa membuat solusi untuk selanjutnya dituangkan dalam bentuk ide, masukan, dan juga sebuah creative brief. 


Jika solusi tersebut sudah tertuang menjadi creative brief, tim yang akan mengubah brief tersebut menjadi sebuah karya desain adalah tim graphic design, maupun illustrator. 


Perlu dicatat hal ini bukan berarti seorang graphic design tidak atau kurang kreatif. Akan tetapi, pada umumnya pekerjaan yang dilakukan oleh seorang graphic design cenderung lebih singkat. 


Contohnya seperti, saat mengerjakan atau mengedit sebuah karya visual seorang graphic design tidak memiliki tanggung jawab untuk memberikan brief atau brainstorming terkait proses pembuatan aset visual dengan perusahaan pelanggan. 

  1. Peran Utama

Perbedaan lainnya adalah peran dan fungsi utama dari keduanya. 


Peran atau tugas utama seorang creative design adalah menciptakan konsep desain dan karya seni visual untuk selanjutnya diaplikasikan di kemasan produk, desain brosur, hingga identitas visual sebuah brand atau perusahaan. 


Dan juga bertanggung jawab atas hasil karya seni tersebut sebelum dan sesudah sampai di tangan pelanggan atau perusahaan. 


Gunanya, untuk memastikan apakah karya seni tersebut sudah sesuai atau belum dengan keinginan pelanggan. 


Sementara itu tugas atau peran utama graphic design adalah menjual idenya dengan bentuk berupa karya digital atau fisik. 


Menciptakan dan mengedit di berbagai elemen visual seperti layout, ads, logo, dll. 


Nah, tugas utamanya tersebut lah yang menjadikan seorang graphic design bisa dikatakan juga sebagai creative design. 

  1. Lingkup Kerja

Dari poin poin diatas terlihat bahwa lingkup kerja seorang creative design bisa dibilang lebih luas jika dibandingkan dengan graphic design. 


Dapat dikatakan demikian karena pekerjaan yang diemban bersifat dari hulu ke hilir, sedangkan graphic design pekerjaannya lebih bersifat teknis.


Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang graphic designer, hal yang pasti akan kamu kerjakan adalah bertanggung jawab untuk menciptakan sebuah karya visual. 


Lain hal jika kamu ingin menjadi creative designer, pekerjaanmu tidak hanya bertanggung jawab namun juga dituntut untuk membuat konsep yang sesuai dengan ide dan inovasi agar hal tersebut bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh client. 


That’s why, terdapat beberapa profesi lain yang kategorinya masih sama dengan creative design, diantaranya:

  • Graphic Design

  • Multimedia Designer

  • Web Designer

  • Brand Designer


Jika membahas tentang lingkup kerja, biasanya seorang creative designer dan graphic designer bekerja di sebuah perusahaan periklanan, advertising marketplace atau di sebuah website periklanan. 

  1. Keahlian yang dibutuhkan

Kedua profesi ini mengharuskan kamu untuk memiliki keahlian dalam technical skill yang tentunya di dalam bidang desain, technical tersebut seperti prinsip-prinsip desain dan mahir dalam menggunakan software desain.


Dan keahlian manajemen seperti problem solving, komunikasi, dan organization skill.  


Nah itu dia penjelasan tentang apa perbedaan antara creative design dan graphic design. 


Jika kamu tertarik untuk menjadi salah satunya, kamu harus meningkatkan hard skill di dalam dunia desain seperti design principle. 


Namun jika kamu merupakan pebisnis baru yang masih membutuhkan tenaga kerja seorang creative design tapi budget terbatas, jjpedia bisa banget untuk bantu kamu mendesain bisnis kamu, loh!


Karena jjpedia adalah group advertising marketplace terkemuka di Indonesia. Pusat advertising murah dan sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dengan menciptakan creative desain yang menerapkan strategi juga konsep yang akan dieksekusi dengan kreatif. 


Tertarik? klik disini untuk pilihan lengkapnya dan mulai beriklan di jjpedia.com


Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search